Penyemprotan Berkala : Dari Depan RRI Hingga IHD Negeri

Para relawan Pasemetonan Asungulun bersama prajuru adat dan sekaha teruna Banjar Tegal Kuwalon melakukan penyemprotan reguler ke kawasan Semerta Kaja. Penyemprotan dilakukan pada Minggu (24 Mei 2020) sore menyisir bentangan antara Depan RRI (Jalan Hayam Wuruk) ke utara hingga  kawasan sekitar Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar. Penyemprotan tersebut menggunakan dua buah penyemprot bermesin yang dihubungkan ke tangki desinfektan berkapasitas 800 liter dan enam penyemprot bermesin yang masing-masing dihubungkan dengan tangki gendong. Dua penyemprot pertama dikelilingkan dengan mobil bak terbuka kelling kawasan, sedangkan penyemprot dengan tangki gendong dipanggul secara bergiliran oleh para pemuda untuk disemprotkan ke rumah-rumah warga Banjar Tegal Kuwalon.

Seorang relawan mempersiapan perlengkapan 

Khusus untuk Kampus IHD Negeri Denpasar, penyemprotan dilakukan ke sekitar gedung menggunakan penyemprot dari tangki besar.

Karena sudah berulang beberapa kali, penyemprotang berjalan dengan relatif cepat dan tanpa banyak koordinasi. Semua relawan secara spontan memilih dan menjalankan tugas masing-masing.

Tidak hanya di Sumerta Kaja, pagi hari, beberapa jam sebelum penyemprotan itu, sebagian relawan yang dipimpin  langsung oleh Dr. IB Bimantara melakukan penyemprotan serupa di kawasan Penatih, Denpasar Utara. Penyemprotan di kawasan tersebut juga dilakukan secara berkala setiap pekan. []

Desinfektan yang disemprotkan
 
Campuran desinfektan 

Menuangkan desinfektan ke dalam tangki 


Koordinasi lokasi 

Siap berangkat dan bertugas 

Mengisi bahan bakar mesin penyemprot 

Menyemprot gerbang pura

Penyemprotan ke rumah-rumah warga 

Duo relawan 

Menyemprot sisi timur gedung Pasca Sarjana IHD Negeri Denpasar

Menyemprot hingga ke pelosok 

Penyemprotan sepanjang jalan utama kawasan (1)

Penyemprotan sepanjang jalan utama kawasan (2)

Penyemprotan sepanjang jalan utama kawasan (3)

Nasi, kue, dan minuman sumbangan donatur

Mencatat nama dan sumbangan para donatur